Sejarah Desa Ringdikit

31 Januari 2017 19:18:39 WITA

Dahulunya Desa Ringdikit adalah sebuah hutan belantara yang berbukit – bukit dan dibelah oleh sebuah sungai yang saat ini sungai panas.

Berdasarkan cerita para Tokoh /Pengeringsir Desa Ringdikit yang di yakini sampai saat ini oleh seluruh  warga Desa Ringdikit dapat kami sampaikan sebagai berikut :

Bermula dari Kepemimpinan Ida Sri Dalem Ketut Ngulingsir di Kerajaan Gelgel ( Klungkung Bali )pada tahun caka 1302-1982 atau Tahun 1380-1460 Masehi , dikatakan banyak rakyat beliau  yang pergi meninggalkan daerah kekuasaan  beliau menuju ke beberapa daerah di  Bali.Akhirnya ada dari beberapa rakyatnya dating/tiba di daerah Desa Ringdikit yang pada saat itu di sebut Den Bukit.Kedatangan mereka disebabkan oleh beberapa hal,diantaranya:

  1. Karena di usir oleh Raja.
  2. Karena keinginan sendiri dari beberapa keluaraga.

Kemudian mereka  ditempat  yang baru  mulai merambah hutan yang akan di gunakan  sebagai tempat tinggal dan lahan untuk mata pencaharian/bercocok tanam.

Karena lama merambah hutan dan belum mengghasilkan akhirnya mereka  kehabisan bekal,kemudian mereka hanya memakan rumput gelagah yang bentuknya seperti  pohon tebu tetapi ukurannya lebih kecil ( Tebu Penyalah ).Sehingga mereka  biasa bertahan hidup   memiliki tempat  tinggal dan lahan pertanian untuk  bercocok tanam  segala jenis  pala wija,akhirnya waraga  yang ada pada saat itu menyebut   daerah tersebut “TEBU MERTA”.

Beberapa tahun kemudian warga yang ada di TBU MERTA tersebut  mendapat  musibah, semua tanaman yang ada diserang oleh hama  semut  yang kepalanya  berukuran kelapa gading , sehingga mereka semua resah  dan memilih untuk pergi mengungsi /berlindung kearah timur menyebrangi  sungai (Sungai Panas ).

Akhirnya tiba di sebuah wilayah yang banyak  terdapat / dijumpai  pohon rangdu, dari beberapa pohon  tersebut  banyak juga dijumpai   pohon rangdu  yang berpasangan / kembar ( makitan ).Lama-kelamaan para warga menyebut  tempat  tersebut “Rangduakin” terus Rangokit  dan data ini menjadi  Ringdikit yang kita warisi  sampai sekarang ……

Banyak ciri yang menyatakan  sehingga warga  Desa Ringdikit  yakin dan percaya  dengan  sejarah / asal  usul nam  DESA RINGDIKIT.

Disebelah selatan berbatasan dengan  Desa  Rangdu  ada Tempekan Banjar  yang  bernama Uma Rangdu (yang berasal dari kata Tanah Dan Pohon Rangdu ).

Selain itu di Subak TEBU AMERTA (Dusun Kuwum) Desa Ringdikit  ditemukan  bekas kuburan  yang menyatakan bahwa dahulunya  di  TEBU AMERTA (Dusun Kuwum) ada sebuah desa.

 

Sumber : http://desa-ringdikit.blogspot.co.id/p/sejarah-desa.html

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

Facebook

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Ringdikit

tampilkan dalam peta lebih besar